Mengembangkan
bisnis, kultur, misi, serta nilai perusahaan sangat penting untuk membangun
identitas perusahaan sehingga bisnis dapat berkembang dengan baik. Namun,
memastikan bahwa seluruh karyawan menjunjung hal-hal tersebut tidaklah mudah.
Salah satu cara paling tepat untuk melakukannya adalah dengan membangun budaya
perusahaan.
1.
Ketahui
Peran Budaya dalam Bisnis Anda
Membangun sebuah budaya dalam bisnis harus dilakukan sejak
awal. Adanya budaya dalam bisnis akan membantu Anda untuk menyelesaikan segala
masalah yang berkaitan dengan bisnis Anda. Budaya akan membuat Anda selalu
bertahan di jalan yang tepat demi mengembangkan bisnis sesuai tujuan dan visi.
Maka dari itu, ketahuilah peran penerapan budaya Anda dalam bisnis yang dijalankan
sejak dini. Budaya tersebut akan berkembang seiring dengan perkembangan bisnis
Anda. Para karyawan Anda pun bisa dengan mudah beradaptasi dengan budaya kerja
saat ini.
2.
Komunikasi
Secara Transparan
Budaya baik dan efisien haruslah dilakukan oleh seluruh
jajaran karyawan perusahaan. Di sinilah komunikasi secara transparan
dibutuhkan. Sebarkan budaya perusahaan Anda di tempat-tempat yang mudah
terlihat, atau bahkan pada website sekaligus. Dengan
terpampang jelas, para calon karyawan bisa dengan mudah memahami perusahaan
Anda secara mendalam. Jadi, ketika akhirnya resmi bekerja, mereka tidak akan
mengalami culture shock. Meski begitu, tidak semua budaya bisa cocok
dengan seluruh karyawan. Beberapa dari mereka mungkin akan mengajukan
pertanyaan. Jawablah secara transparan hingga mereka benar-benar paham.
3.
Selalu
Mengutamakan Tim
Anda tentu ingin menghasilan produk terbaik yang banyak
dibeli orang, bukan? Hal tersebut hanya bisa terjadi apabila tim pembuatnya
merasa bahagia dalam mengerjakannya. Untuk itu, Anda harus selalu mengutamakan
tim. Hal ini termasuk dalam salah satu upaya membangun budaya yang baik pada
perusahaan. Tunjukkan bahwa Anda berada pada pihak karyawan Anda dan akan
selalu mendukung mereka. Bebaskan mereka dalam berkreasi, namun Anda masih
berhak memberi pengawasan agar tidak ada hasil produk yang melenceng. Akomodasi
kebutuhan mereka selama masih sejalan dengan target perusahaan.
4.
Menghargai
Setiap Perbedaan
Perbedaan di tempat kerja merupakan hal yang wajar, namun
belum semua orang bisa menerimanya dengan lapang dada dan pikiran terbuka.
Bahkan seharusnya Anda menerapkan “perbedaan” sejak proses rekrutmen karyawan.
Dengan adanya beragam jenis karyawan dengan latar belakang kehidupan yang berbeda, perusahaan
Anda akan lebih “berwarna” dan Anda bisa meminta mereka untuk mendukung satu
sama lain dalam membangun budaya perusahaan. Ide-ide yang mereka hasilkan juga
pasti akan lebih beragam sehingga nantinya Anda akan memiliki banyak variasi
pilihan untuk dipertimbangkan dan diterapkan.
5.
Be Happy
Apa gunanya membangun budaya pada perusahaan apabila para karyawannya justru merasa
tidak bahagia? Mereka tidak akan keberatan
bekerja keras apabila menikmati apa yang dikerjakan, dan hal tersebut dimulai
dari adanya perasaan bahagia. Lagi-lagi kuncinya terletak pada komunikasi.
Sisihkan waktu untuk mengobrol dengan para karyawan, pastikan bahwa mereka
melakukan sesuatu yang sesuai minat masing-masing. Sesekali, tidak ada salahnya
mengajak para karyawan untuk bersenang-senang di luar jam kerja, misalnya
menonton atau makan siang bersama. Hal tersebut penting untuk menjalin ikatan
di antara anggota tim.
Komentar