Langsung ke konten utama
May Day atau Hari Buruh Internasional jatuh tepat pada hari ini, (1/05). Memperingati hari tersebut,  sejumlah elemen masyarakat menyuarakan permasalahan buruh. Turut angkat bicara Pimpinan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).
(May Day sendiri lahir dari serangkaian rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan besar terhadap ekonomi-politik,  terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat serta Amerika Serikat.  Pengetatan pada disiplin dan intensitas jam kerja, redahnya upah, serta buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan di antara kalangan kelas pekerja).
Serangkaian permasalahan-permasalahan yang dialami oleh buruh, seperti upah rendah,  minimnya kesejahteraan, ataupun beban kerja yang tinggi, disinggung oleh Dian Rema Nugroho Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU), saat ditemui di kantor BPMU, Jumat, (1/05).
Solusi perlu dicari, satu yang disodorkan Rema adalah perbaikan kualitas pendidikan. “Pendidikan selama ini lebih mengarahkan para peserta didik bermental buruh,” ucap laki-laki yang masih tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi tersebut.
Ditemui terpisah, penegasan tentang perlunya perubahan mindset pendidikan di negeri ini diungkapkan oleh Kornelius Upa’ Rodo Ketua Senat Mahasiswa Universitas (SMU). Sama seperti Rema, Konelius mengajak kita untuk berfikir kembali tentang kualitas  pendidikan kita.
“Merubah yang tadinya hanya ingin sebagai pekerja menjadi lulusan yang mampu membuka lapangan pekerjaan,”  tuturnya. Sulit, itu pasti. Namun Kornelius berharap negeri ini mau memulainya.  “Pelan-pelan tapi pasti,” papar mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika itu.
Peran serta pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan pembuat anggaran tidak lepas dari amatan Kornelius. “Pemerintah patutnya memberikan fasilitas untuk membantu terciptannya lapangan pekerjaan baru. Jangan membuat kebijakan yang mempersulit hal itu tercipta”.
Keresahan kedua pimpinan LK UKSW itu tampaknya cukup beralasan. Jika pemerintah tidak mampu menyediakan pendidikan dan pelatihan kerja yang memadai, diperkirakan pada tahun 2015 separuh dari pemuda negeri ini akan terjebak sebagai buruh seumur hidup.
Demikian ungkap ahli demografi Universitas Indonesia Sri Moertiningsih Adioetomo pada peluncuran laporan "Tren Ketenagakerjaan dan Sosial di Indonesia 2008" oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) di Jakarta, tahun lalu (2008).
Anak-anak kelahiran 90an yang hanya mengenyam pendidikan hingga bangku SMP diperkirakan masuk dalam usia produktif kerja pada 2015. Peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang baik semakin tipis, karena rendahnya pendidikan, skill rendah, dan tidak memiliki kompetensi kerja.
Itu berarti, kita hanya punya waktu yang tidak banyak (6 tahun) untuk berbuat sesuatu.  (id.wikipedia.org/vhrmedia.com/saam fredy_bphl).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Rindu

Melihat tepian hidupku serasa ngeri dan serasa hilang pijakan hati ini iris menangis melihat bahwa khawatir menjadi penyakit pada masaku merasa tua adalah menyakitkan semangat muda terasa luntur luntur bak cat tanpa minyak luntur bagai lukisan terkena air oh apa dayaku, serasa debu serasa air serasa angin aku rindu masa mudaku aku rindu masa mudaku tanpa rasa takut & penuh asa Aku rindu....

perkataanmu adalah mautmu

Beberapa kali saya selalu diajari oleh orang terdekat saya untuk menjaga perkataan saya, termasuk dari Iman Keyakinan saya untuk selalu menjaga apa yang akan keluar dari perkataan saya. Saya sadar bahwa saya manusia yang sering mengeluarkan kata-kata bernada kemarahan, namun kemarahan dan perkataan saya selalu saya benar-benar jaga jangan sampai mengeluarkan nada yang merusak/ bersifat kutukan. Karena itu saya memiliki budaya baru untuk selalu mengigit bibir saya agar saya dapat menahan apa yang mau keluar dari perkataan saya. Dari hal diatas saya juga memaklumi jika ada orang yang sudah tidak tahan akan kemarahannya akan meledakan isi hatinya melalui perkataan-perkataan yang pedas, kebun binatang dan sebagainya, namun saya juga melihat ada orang yang mengeluarkan sumpah serapah dengan beralasan apa yang dirasanya paling benar tanpa memperhatikan dari sisi yang diberikah sampah perkataannya tersebut. apa yang terjadi?? jawaban saya beraneka beragam namun mengarah dan men

Syahdunya Siang Ini

Bukan bermaksud melankolis, namun sembari kepala migrain sekalian saja dikasih minum kopi pahit. Siang ini terasa ingin pulang dari kantor, bukan bermaksud tidak semangat, namun ingin melakukan sesuatu yang beda dan menambah pengetahuan. Untuk itu ada tawaran dari seorang teman yang menjual buku dengan harga cukup murah tapi isinya sangat menambah wawasan. Yah, saya sadar bahwa saya butuh pengalaman baru & wawasan baru. Jadi perlu diingat, kebosanan bukan tanda kita malas , tapi salah satunya tanda kita perlu menghargai diri kita dengan sesuatu hal yang baru. Sediakanlah waktu dan "cemilan" baru buat otak & diri kita, misal belilah buku baru bila kita doyan membaca, atau belilah gadget/ alat pertukangan agar kita belajar hal-hal baru. ikutlah event-event baru misal lari 5K s/d 10 atau 21 K, fitnes, ngeGym dsb. Dunia ini tidak akan runtuh dengan membeli kebutuhan-kebutuhan itu, asal kebutuhan kita tidak menganggu kebutuhan pokok dari hidup kita. So jad